Tips – Tips saat sulit bangun sholat subuh

Salah satu perkara penting yang saat ini diremehkan oleh umat islam adalah shalat subuh secara berjamaah dimasjid. Sungguh sejarah telah mencatat adanya ketimpangan ‘semangat beribadah’ yang demikian kontras.
dibawah ini kami berikan tips-tips menarik yang dirangkum dalam beberapa sumber dan perlu anda coba, ya kalo belum dicoba ya belum ketahuan hasilnya semoga bermanfaat amin:
1. Tidur lebih awal;
2. Bersungguh-sungguh dalam bersuci dan membaca dzikir sebelum tidur;
3. Bertekad kuat untuk bangun shalat subuh saat akan tidur;
4. Langsung berdzikir kepada Allah ta’ala ketika bangun;
5. Meminta bantuan keluarga atau orang-orang shalih untuk membangunkan shalat;
6. Berdo’a kepada Allah agar diberi taufiq untuk dapat bangun;
7. Menggunakan sarana-sarana peringatan;
8. Tidak tidur sendirian;
9. Tidak tidur ditempat yang jauh dari orang lain;
10. Menyalakan lampu saat bangun;
11. Tidak bangun malam terlalu lama;
12. Tidak memperbanyak makan sebelum tidur;
13. Melakukan tidur siang;
14. Jangan tidur sesudah ashar dan sesudah maghrib;
15. Mengikuti petunjuk Nabi dalam tata cara berbaring saat akan tidur;
16. dan yang terakhir dan paling manjur Ikhlas karena Allah Ta’ala

Selamat mencoba…!
By: Rony Merc

Iklan

7 Tanggapan to “Tips – Tips saat sulit bangun sholat subuh”

  1. point ke 14. ada kah dalil shahihnya?

    • Aank Habiburrahman Says:

      Silakan Anda bertanya apakah ada sunnah Rasulullah saw. yang menganjurkan untuk tidur setelah Ashar? Adapun ayat-ayat Al-Qur’an sangat banyak menjelaskan bahwa yang diperintahkan setelah Subhu dan Ashar adalah memperbanyak dzikir. Misalnya saja Q.S Ar-Rum ayat 17-19, begitu pula banyak riwayat hadits yang menyatakan bahwa Rasulullah saw. lebih menyukai untuk duduk berdzikir bersama sahabat-sahabatnya ba’da Shubuh hingga terbit matahari dan ba’da Ashar hingga terbenamnya matahari. Sekiranya memang tidak ada mengenainya maka tidak memberikan faedah kepada kita untuk menyia-nyiakan waktu dengan tidur setelah Ashar, padahal ketika itu kita diperintahkan untuk memperbanyak dzikrullah. Wallahu a’lam bis shawab.

  2. waduh bu ada sih entar saya cariin deh tapi semua point sudah saya coba koq dan terbukti ko kalo saya coba tidur habis ashar dan maghrib saya pasti susah bangun tidur dan malemnya pasti bangun makasih ya sallam….

  3. bener kata sampean para team thetekter

  4. Assalamualikum Wr. Wb.

    Bismillah, saya coba jawab y…

    Ada alasan di balik perkataan itu sehingga kenapa tidak di perbolehkan tidur sesudah solat ashar dan magrib.

    Tdk bolehnya seseorang tidur setelah solat ashar Karena takut magribnya terlewat, dan menurut penelitian, orang yang sering tidur di sore hari setelah solat ashar, orang tersebut akan mengalami cepat lupa..

    dan tidak bolehnya seseorang tidur setelah magrib, karena takutnya orang tersebut kan terlewat solat isyanya.

    Wallahu Alam..

    semoga bermanfaat, dan bila ada salah2 kata mohon di maafkan…n_n
    dan hadits2nya saya lupa, kalo tdk salah hadits itu diriwayatkan oleh bukhori…

    Wassalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: